Cara MUDAH dapat UANG

Senin, 29 Juni 2009

Melindungi Handphone yang Basah

Sekarang ini siapa yang tidak kenal yang namanya Handphone, bahkan anak kecil pun sudah punya barang yang disebut Handphone. Tapi jika Handphone kalian basah terkena hujan, tercebur di bak mandi atau basah karena ketumpahan air, apa yang akan kalian lakukan ? apa hanya membiarkan handphone kalian kering terkena angin ? atau hanya megeringkannya dengan kain ?

Handphone memang bukan barang mewah sekarang, tapi kalau sampai rusak terkena air khan juga sayang. Berikut ini akan saya kasih tips P3HB ( penyelamatan pertama pada handphone basah ) :

Keluarkan Dari Air Segera
Mungkin Handphone kalian dilindungi oleh chasing atau yang lainnya, tapi percayalah bila handphone tercebur ke air hanya dalam hitungan detik, air akan berhasil menyentuh semua komponen didalamnya. Jika terlalu lama masuk dalam air, segera lepas baterainya.

Lepas Baterai Handphone
Lepaskan baterai secepatnya saat handphone sudah diambil dari dalam air. Air bisa menghantarkan listrik. Jadi, secepatnya lepas baterai dari handphone. Banyak komponen yang akan selamat dari air karena tidak menempel pada baterai ketika basah. Malahan beberapa handphone dilengkapi kertas pembaca kelembaban di cover plastiknya. Jika berubah warna menjadi merah, berarti ponsel lembab dan kalian perlu mewaspadainya.

Lepas Kartu SIM
Biasanya nomor kontak dan data tersimpan di dalam kartu SIM. Agar kalian tidak kehilangan seluruh data berharga, secepatnya lepas kartu SIM dari Handphone. Biarkan kartu SIM kering dahulu dan baru pasang saat sudah mendapatkan sambungan dengan jaringan kartu SIM yang dipakai.

Keringkan Handphone
Agar air tidak masuk sampai ke bagian dalam, secepatnya keluarkan air dari Handphone denagn cara menggoyangkannya tanpa menjatuhkannya. Usap bagian-bagian handphone dengan lap kain perlahan-lahan. Keringkan sisa kelembaban menggunakan tangan. Lepaskan bagian yang bisa dilepas untuk membuka sebanyak mungkin celah.

Gunakan Vacuum Cleaner
walaupun sama-sama bisa mengantarkan panas, tetapi jangan memakai hair dryer untuk mengeringkan handphone basah. Penggunaan
hair dryer malah bisa memaksa kelembaban masuk dalam komponen kecil handphone. Bila kelembaban didorong masuk lebih dalam, karat dan oksidasi bisa muncul karena mineral dari cairan yang masuk tersebut. Kalian dapat memakai vacuum di sekitar daerah yang terkena air selama beberapa menit. Ini cara tercepat yang bisa mengeringkan handphone dalam beberapa menit. Tapi, tetap hati-hati. Jangan menggunakan vacuum terlalu dekat dengan handphone karena bisa menimbulkan listrik statis yang berakibat buruk.

Kurangi Kelembaban dengan Bahan Berafinitas Tinggi
Bahan dengan daya tarik menarik tinggi dapat membantu mengeluarkan kelembaban. Tinggalkan handphone di dalam mangkuk berisi beras mentah semalaman. Beras akan menyerap sisa-sisa kelembaban pada handphone.

Taruh Handphone di atas Handuk
Taruh Handphone di atas Handuk, serbet, atau tisu. Ini bertujuan untuk menghilangkan kelembaban. Perhatikan bahan yang dapat menyerap air tersebut setiap jam dalam rentang waktu empat hingga enam jam. Bila terbukti menyerap, coba ulangi langkah pengeringan dengan vacuum cleaner dan bahan berafinitas tinggi.

Tes Handphone
Setelah menunggu beberapa jam atau hari, pastikan semua komponennya bersih dan kering. Lalu pakaikan kembali baterai dan uji kerjanya. Bila handphone kalian tidak bekerja, pasang charger tanpa memasang baterai. Bila handphone menyala, maka kalian membutuhkan baterai baru. Kalau masih rusak, segera bawa ke pusat servis atau BELI YANG BARU.

Selamat Mencoba....






1 komentar on "Melindungi Handphone yang Basah"

Seno on 29 Juni 2009 pukul 19.06 mengatakan...

Saya juga pernah tuh, hp kerendem 2 jam. Pas diangkat trus dikeringin, LCDnya dah kena, terpaksa deh ambil tips yang terakhir, di lembiru alias lempar beli yang baru :(

Posting Komentar